Teknologi Digital: Perlunya Digitalisasi Bisnis di Era Modern

 

sumber : www.pexels.com

Pada era digitalisasi saat ini, teknologi digital berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Kemajuan teknologi tidak dapat dihindarkan dari kehidupan manusia, karena kemajuan teknologi beriringan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Manusia akan selalu menggunakan akalnya untuk beradaptasi dan bertahan hidup, sehingga akan terus menciptakan teknologi baru. Tujuan dari adanya inovasi teknologi tidak lain adalah untuk mempermudah dan memberikan manfaat bagi kehidupan Manusia.

Adanya Teknologi dapat mempermudah aktivitas manusia dan menjadikannya lebih efisien. Seperti teknologi komputer dan smartphone yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi atau mencari informasi di mana saja dan kapan saja. Atau dengan adanya teknologi transportasi yang memudahkan manusia untuk berpergian jarak jauh.

Pengertian Digitalisasi Bisnis

Begitu juga dengan dunia bisnis, apabila mengikuti perkembangan dan perubahan zaman, suatu bisnis perlu menggunakan teknologi digital dalam operasionalnya atau disebut juga dengan digitalisasi bisnis. Digitalisasi bisnis merupakan proses mengubah sistem manual menjadi sistem virtual atau digital yang meliputi proses transaksi ataupun operasional perusahaan.

Mengapa Perlu Melakukan Digitalisasi Bisnis?

Penggunaan teknologi dalam operasional bisnis sangat diperlukan. Seperti halnya teknologi yang mempermudah kehidupan manusia, teknologi juga akan membantu perusahaan untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi operasional mereka. Penggunaan sistem manajemen, perangkat lunak, dan alat kolaborasi akan mempermudah proses operasional bisnis. Dengan menggunakan teknologi digital perusahaan dapat lebih menghemat waktu dan sumber daya, sehingga perusahaan dapat fokus pada hal lain yang lebih penting dan strategis.

Bisnis yang memanfaatkan teknologi digital dapat melebihi batasan perdagangan tradisional. Dengan infrastruktur telekomonikasi atau akses internet dapat menjaring konsumen dengan jangkauan lebih luas. Selain itu, melalui platfrom digital seperti situs web atau media sosial dapat meningkatkan layanan pada pelanggan. Pelaku bisnis akan lebih cepat dalam menanggapi masalah dan pertanyaan pelanggan, sehingga pelanggan akan lebih puas dan loyalitas yang terbangun akan lebih kuat.

Digitalisasi bisnis juga dapat memudahkan pelaku bisnis untuk mengakses data dan informasi, seperti perubahan tren pasar, perilaku pelanggan, dan kinerja bisnis. Dalam dunia bisnis data dan informasi merupakan hal yang penting dan perlu diakses secara real time, karena memungkinkan pelaku bisnis untuk mengambil keputusan strategis secara cepat dan akurat. Kesuksesan dan kegagalan suatu bisnis dapat diukur dari respons yang cepat dan akurat terhadap perubahan pasar. Dengan teknologi yang tepat, pelaku bisnis atau perusahaan dapat dengan mudah menangani pertumbuhan dan skala bisnis. Sistem digital yang fleksibel memungkinkan perusahaan menyesuaikan operasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan.

Perlindungan data pada kegiatan bisnis juga sangat penting. Teknologi digital dapat membantu melindungi data penting perusahaan. Selain mengamankan informasi sensitif perusahaan, data pelanggan juga perlu diamankan, sistem keamanan data tersebut mencakup enskripsi data, sistem kontrol, dan sertifikat SSL. Dengan sistem keamanan cyber yang baik dapat meningkatkan integritas dan kepercayaan pelanggan.

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Digitalisasi Bisnis

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital adalah WalMart Inc. WalMart merupakan perusahaan retail yang didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962 di Amerika Serikat. Tercatat pada  tahun 2021 WalMart menduduki peringkat pertama perusahaan top global menurut majalah fortune yang bertajuk pada Fortune Global 500. Salah satu keunggulan kompetitif perusahaan WalMart adalah pada investasi teknologi informasi yang diterapkan pada perusahaan tersebut. WalMart mempercayai bahwa teknologi digital dapat menekan struktur biaya dan mengelola pertumbuhan. WalMart mengadopsi manajemen digital dan menggunakan teknologi big data untuk mengelola pasokan, permintaan pelanggan, serta mengoptimalkan proses logistik.

Kesimpulan 

Perkembangan teknologi telah mengubah lanskap bisnis. Dari efisiensi operasional hingga analitik data, teknologi memberi perusahaan keuntungan yang signifikan untuk bersaing dan berkembang. Digitalisasi juga membuka peluang baru untuk inovasi dan pengembangan produk yang terkait dengan kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi secara bijak dan strategis menjadi kunci untuk meraih keunggulan kompetitif dalam dunia bisnis yang semakin saling terintegrasi.

Apabila anda memerlukan bantuan atau jasa terkait digitalisasi bisnis. Jangan ragu untuk menghubungi Aksima, kami memiliki tim ahli dalam bidang ini dan siap membantu Anda mencapai tujuan anda.


Baca juga artikel tentang Manajemen Risiko

Komentar